@ 3 angkatan 2009-2011

@ 3 angkatan 2009-2011
kampung daun

Selasa, 23 Februari 2010

Memahami Materi yang anda Baca


Pertanyaan yang sering kita dengar dari banyak orang ketika mereka meningkatkan kecepatan membacanya adalah, “Bagaimana aku tahu bahwa aku memahami apa yang kubaca?” jawabannya adalah: Sesunguhnya anda memahami sama baiknya atau lebih baik ketika membaca dengan cepat.

Banyak orang yang merasa bahw sebenarnya mereka hanya mengingat sedikit saja walaupun mereka tidak begitu yakin tentang pemahaman mereka. Inilah beberapa kiat tambahan untuk memastikan bahwa anda mendapatkan apa yang anda perlukan dari apa yang anda baca.

Kiat – kiat untuk memahami bacaan:

  1. Jadilah Pembaca Aktif

Jangan lupa dengan enam kata tanya: siapa?Kapan?Dimana?Apa?Mengapa? Bagaimana? Buatlah teks bacaan menjawab pertanyaan – pertanyaan anda saat anda membaca. Ketika anda bertanay, anda memusatkan pikiran anda kedalam keadaan yang lebih menuntut, mengeluarkan gagasan dari teks seolah olah anda menyedot bensin dari dalam tangki.

  1. Bacalah Gagasannya,Bukan kata- katanya

Ketika anda membaca kata satu demi satu, otak anda harus bekerja lebih keras untuk mengartikannya. Membaca kata satu demi satu bagaikan berusaha untuk mengetahui seperti apa bentu bumerang dengan meneliti molekul – molekulnya. Alih – alih membaca masing – masing kata, dapatkan seluruh gambaran dengan melihat seluruh ungkapan , kalimat, dan paragraf.

  1. Libatkan Indra Anda

Gunakan indra pendengaran anda dengan membaca secara keras. Bacalah sekali seluh bacaan itu dengan cepat. Lau, jika buku itu mlik anda, libatkan indara kinestetik dan visual anda dengan menggarisbawahi hal-hal yang penting dengan stabilo dan gambarlah sesuatu di tepinya untuk membantu anda memahami konsep – konsep kunci.

  1. Ciptakan Minat

Lebih mudah membaca buku ketika anda mengenal subjeknya dan membacanya akan menguntungkan anda dalam beberapa hal. Sehingga anda akan bertanya kepada diri anda sendiri, ”Mengapa aku perlu membaca buku ini?” lau anda akan membuka halaman demi halaman untuk melihat sekilas tentang buku itu dan dapat menyingkirkan beberap judul begitu sesuai dengan kebutuhan anda.

  1. Buat Peta Pikiran bahn bacaan tersebut

Setelah anda membaca dengan cepat seluruh materi bacaan anda, buatlah peta pikiran dengan menggunakan judul – judul bab atau pembagian topik lainnya. Lau bacalah sekali lagi secara menyeluruh dan istilah detil – detil yang penting untuk diingat.

1 komentar: